Selasa, 06 November 2012

Bagaimana Cara Membuat CV Terlihat "Menjual" ?




Anda mahasiswa yang baru lulus kuliah? Atau Anda merupakan karyawan yang baru akan pindah ke perusahaan baru karena tidak nyaman bekerja di tempat Anda bekerja sekarang? Apapun itu, Anda tentu harus mempersiapkan Curriculum Vitae (CV) yang meyakinkan agar Anda bisa diterima di perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. 

Tahukah Anda, bahwa dalam sebuah perusahaan, mungkin tidak hanya CV Anda yang diterima pada kotak masuk (inbox) surat-menyurat perusahaan tersebut? Lalu, bagaimanakah Anda mampu meyakinkan pihak HRD (Human Resources Development) atau pihak perusahaan tempat Anda melamar bahwa Andalah yang terbaik dan pantas bekerja dibandingkan pelamar lain? Berikut ada beberapa tips seru dari kami :-

        Format CV menarik dan professional
Tampilkan keunikan dan keunggulan kemampuan personal Anda. CV Anda harus mampu merepresentasikan kompetensi, pengalaman, dan gaya presentasi diri Anda. Professional yang dimaksudkan di sini tak harus bersifat formal dan membosankan, melainkan Anda harus membuat diri Anda tampil semenarik mungkin  pada CV yang Anda buat. 

      Singkat dan padat
Jangan terlalu banyak membuang halaman, CV sebaiknya dibuat singkat dan padat. Agar pembaca tidak bosan, panjang CV disarankan maksimal dua halaman.

       Data diri lengkap
Cantumkan alamat profesional Anda, termasuk nomor handphone dan e-mail untuk korespondensi. Pastikan semua data komunikasi yang Anda isikan, dapat dihubungi kapan saja oleh penerima CV. Di dunia professional, seseorang bisa dikatakan "professional" atau "tidak professional" hanya dengan menilai apakah ia sanggup mengangkat telepon kapan pun dibutuhkan.

       Bertujuan Jelas
Tuliskan jabatan yang dituju, sesuai kode yang perusahaan berikan, jika ada. Serta utarakan kenapa Anda memilih perusahaan tersebut. Pastikan Anda melamar pada perusahaan yang pekerjaannya sesuai dengan passion Anda, atau setidaknya Anda menyukainya. Jika tidak, sebaiknya tidak usah melamar. Setiap perusahaan mencari pegawai yang mencintai apa yang dikerjakannya dan mengerjakan apa yang dicintainya. 

       Pendidikan, Pelatihan, Prestasi
Dalam kualifikasi, beri penekanan pendidikan atau pelatihan yang pernah Anda ikuti. Cantumkan penugasan, proyek individu, proyek kelompok, presentasi, nilai, prestasi yang pernah diraih, apa pun yang membuat Anda menonjol dan relevan dengan posisi yang diincar. Proporsi pencantuman antara tugas dan prestasi, perlu seimbang.

 Pengalaman
Cantumkan pengalaman kerja bermakna yang pernah Anda jalani, baik secara profesional maupun sukarela, yang relevan. Termasuk kerja sukarela, penempatan saat Praktek Kerja Lapangan berkaitan dengan mata kuliah yang Anda ambil.

       Kemampuan Khusus
Jelaskan pula kemampuan khusus apa yang Anda miliki dan Anda sangat skill-able dalam bidang itu. Misal: kepemimpinan, time management, project management, social media, design, photography dan lainnya. 

      Referensi
Jika ada pihak tertentu yang merekomendasikan perusahaan tempat Anda akan bekerja, cantumkan nama pihak pemberi referensi yang bisa menambah kredibilitas Anda. Bisa tokoh di bidang kreatif, mentor saat bekerja sebelumnya, dosen pembimbing, atau seseorang yang memiliki reputasi baik di bidang yang dilamar, dan pastikan orang atau institusi yang merekomendasikan Anda telah mengenal pribadi Anda dengan baik sebelumnya. Mintalah izin terlebih dahulu pada pihak pemberi referensi, bahwa nama mereka Anda sertakan, dan kirim update CV terakhir Anda ke alamat pemberi referensi sebagai backup data Anda saat dihubungi pihak perekrut.

Bila Anda berminat memasuki perusahaan yang bergerak di industri kreatif, seperti agensi periklanan atau  studio film, buatlah CV Anda terlihat atraktif, "menjual", dan efektif dengan merancang CV Anda secara visual dan "berbeda" dari CV pada umumnya. Berikut di bawah ini adalah beberapa CV yang menarik dan atraktif secara konten dan visual :


1.




2.


3.


4.


5.


6.


 Tertarik untuk membuat CV Anda lebih "menjual"? Yuk, lakukan sekarang! ^^

4 komentar:

  1. Terbukti banget!
    Waktu itu pernah melamar pekerjaan sebagai Creative di sebuah radio swasta di Jakarta, waktu itu minta tolong sama teman yang jago desain, trus dia bantu desain deh dengan isi CV yang sudah dibuat sebelumnya oleh saya. Hasilnya? DIPANGGIL UNTUK INTERVIEW! Yeay! Akhirnya kerja deh selama sebulan di radio itu, tapi sekarang bantu bisnis keluarga deh. Gak butuh CV lagi XD

    BalasHapus
  2. ajarin w donk bkin CV kea gini. w udh lama nganggur nih. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama-tama sebelum bikin CV kayanya mesti ngubah gaya tulisan situ dulu deh hehehe.....

      Hapus
  3. Hahahaha. Bener banget tuh. Coba deh benerin cara nulis sendiri. :)

    BalasHapus

Blogger Template by Clairvo