Jumat, 16 November 2012
Banyak hal yang terjadi di kantor
yang membuat Anda stress. Anda dilanda kebimbangan, bagaimana harus menerima
anggapan bahwa Anda tidak berguna atau tidak diinginkan, atau bagaimana
menghadapi penolakan menyakitkan terhadap konsep kerja yang sudah Anda susun
dengan susah-payah.
Konsultan Sumber Daya Manusia (SDM) James dan Simon
Brooke, dalam bukunya, Be Bulletproof,
berbagi tips mengenai solusi praktis dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan
di kantor, agar Anda tidak stres dan menjadi korban kepentingan orang lain. Beberapa tips diantaranya ialah :
Jangan
Membuat Kesimpulan Hanya Berdasarkan Membaca Pikiran Orang Lain
Ini
"jebakan batman" yang bisa mengacaukan pekerjaan maupun hubungan Anda
dengan rekan kerja. Meskipun kita begitu yakin dengan apa yang dipikirkan orang
lain, cara terbaik untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar adalah dengan
bertanya secara langsung atau meminta konfirmasi lebih dulu.
Jangan
"Meledak" Di Depan Orang Lain
Selama ini
mungkin Anda hanya diam, meskipun orang lain menjelek-jelekkan Anda. Atau, Anda
terpaksa menerima beban pekerjaan tambahan yang bukan merupakan tugas Anda,
karena sang pemilik tugas tak bersedia melakukannya. Namun, kekesalan yang
bertumpuk jangan terus dibiarkan hingga suatu saat Anda "meledak".
Lebih baik, ambil nafas panjang-panjang dan tenangkan diri Anda. Anda akan
mampu membuat pilihan yang lebih baik ketika pikiran Anda tetap tenang.
Balikkan
Kritikan Yang Dikirimkan Pada Anda
Buktikan bahwa
kritikan atau teguran yang diberikan oleh rekan kerja Anda tidak mendasar.
Misalnya dengan mengatakan, "Saya ingin tahu apa yang membuat Anda
menganggap saya seperti itu." Hal ini lebih baik ketimbang menyerangnya
kembali. Dengan demikian Anda menjadi tahu bagaimana pandangan orang lain
terhadap diri Anda, sehingga mungkin Anda justru dapat memperbaiki bagaimana
cara Anda mempresentasikan diri dengan lebih baik.
Anggap
Atasan Anda Sebagai Seorang Pelanggan
Dengan demikian
Anda akan merasa senang dan bangga dalam menangani mereka, entah itu melayani
atau menunjukkan kemampuan Anda yang terbaik. Jaga hubungan baik dengan atasan,
namun tetaplah menjaga jarak agar tetap dapat memandang persoalan secara
obyektif.
Jangan
Berpihak Saat Terjadi Politik Kantor
Politik kantor
menjadi cara bagi sebagian orang untuk melindungi kepentingan mereka. Bila hal
ini terjadi, sebaiknya bersikaplah netral, dengan tidak membela salah satu
pihak yang berseteru. Tetaplah fokus pada kepentingan perusahaan, supaya Anda bisa
mencari jalan keluar yang obyektif.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Mungkin hal ini sedang saya hadapi. Tapi, sekarang saya sedang mengurus bisnis keluarga yang sebenarnya tidak sesuai dengan passion yang saya miliki. Cara yang saya ambil saat ini adalah berpikiran positif dan mencoba mengambil hikmahnya. Saya pun mengajarkan kepada asisten-asisten saya untuk mengejar cita-cita. Kalau tidak kuat bekerja bersama saya, cari pekerjaan lain yang sesuai passion dan saya dukung mereka. Jadi, saya lebih sering sharing bareng mereka sih. :)
BalasHapusWah.. kamu juat juga ya.. salut! XD
Hapus