Jumat, 16 November 2012

Bertahan Di Tengah Problema Pekerjaan



Banyak hal yang terjadi di kantor yang membuat Anda stress. Anda dilanda kebimbangan, bagaimana harus menerima anggapan bahwa Anda tidak berguna atau tidak diinginkan, atau bagaimana menghadapi penolakan menyakitkan terhadap konsep kerja yang sudah Anda susun dengan susah-payah.

Konsultan Sumber Daya Manusia (SDM) James dan Simon Brooke, dalam bukunya, Be Bulletproof, berbagi tips mengenai solusi praktis dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan di kantor, agar Anda tidak stres dan menjadi korban kepentingan orang lain. Beberapa tips diantaranya ialah :

      Jangan Membuat Kesimpulan Hanya Berdasarkan Membaca Pikiran Orang Lain
Ini "jebakan batman" yang bisa mengacaukan pekerjaan maupun hubungan Anda dengan rekan kerja. Meskipun kita begitu yakin dengan apa yang dipikirkan orang lain, cara terbaik untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar adalah dengan bertanya secara langsung atau meminta konfirmasi lebih dulu.

        Jangan "Meledak" Di Depan Orang Lain
Selama ini mungkin Anda hanya diam, meskipun orang lain menjelek-jelekkan Anda. Atau, Anda terpaksa menerima beban pekerjaan tambahan yang bukan merupakan tugas Anda, karena sang pemilik tugas tak bersedia melakukannya. Namun, kekesalan yang bertumpuk jangan terus dibiarkan hingga suatu saat Anda "meledak". Lebih baik, ambil nafas panjang-panjang dan tenangkan diri Anda. Anda akan mampu membuat pilihan yang lebih baik ketika pikiran Anda tetap tenang.

         Balikkan Kritikan Yang Dikirimkan Pada Anda
Buktikan bahwa kritikan atau teguran yang diberikan oleh rekan kerja Anda tidak mendasar. Misalnya dengan mengatakan, "Saya ingin tahu apa yang membuat Anda menganggap saya seperti itu." Hal ini lebih baik ketimbang menyerangnya kembali. Dengan demikian Anda menjadi tahu bagaimana pandangan orang lain terhadap diri Anda, sehingga mungkin Anda justru dapat memperbaiki bagaimana cara Anda mempresentasikan diri dengan lebih baik.

      Anggap Atasan Anda Sebagai Seorang Pelanggan
Dengan demikian Anda akan merasa senang dan bangga dalam menangani mereka, entah itu melayani atau menunjukkan kemampuan Anda yang terbaik. Jaga hubungan baik dengan atasan, namun tetaplah menjaga jarak agar tetap dapat memandang persoalan secara obyektif.

       Jangan Berpihak Saat Terjadi Politik Kantor
Politik kantor menjadi cara bagi sebagian orang untuk melindungi kepentingan mereka. Bila hal ini terjadi, sebaiknya bersikaplah netral, dengan tidak membela salah satu pihak yang berseteru. Tetaplah fokus pada kepentingan perusahaan, supaya Anda bisa mencari jalan keluar yang obyektif.

2 komentar:

  1. Mungkin hal ini sedang saya hadapi. Tapi, sekarang saya sedang mengurus bisnis keluarga yang sebenarnya tidak sesuai dengan passion yang saya miliki. Cara yang saya ambil saat ini adalah berpikiran positif dan mencoba mengambil hikmahnya. Saya pun mengajarkan kepada asisten-asisten saya untuk mengejar cita-cita. Kalau tidak kuat bekerja bersama saya, cari pekerjaan lain yang sesuai passion dan saya dukung mereka. Jadi, saya lebih sering sharing bareng mereka sih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. kamu juat juga ya.. salut! XD

      Hapus

Blogger Template by Clairvo