Jumat, 16 November 2012

Trend Olahraga Baru: Zumba Fitness



Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak di tubuh. Selain berlari di atas treadmill atau bersepeda, ternyata ada tren olahraga baru yang jauh lebih menyenangkan, yakni Zumba!

Berasal dari bahasa Kolumbia, zum-zum, yang artinya “gerak cepat”. Zumba di ciptakan oleh Alberto "Beto" Perez, seorang pelatih fitness asal Kolombia. Zumba, rangkaian gerak dansa yang menyihir banyak orang untuk ikut bergoyang ini merupakan perpaduan tradisi Afrika dan Latin, mulai dari musik, aerobik, sampai gerakan tariannya, seperti salsa, merengue, mambo, cha-cha, cumbia, flamenco, tango, hip hop, rumba, calypso, dan bachata.

Seperti latihan kardio, gerakan-gerakan zumba menimbulkan kontraksi pada otot. Gerakan yang cepat tidak hanya membakar kalori dan lemak, tapi juga menyehatkan jantung. Target latihannya adalah all core, dengan sasaran pembakaran lemak dan kalori. Seperti dansa, zumba bisa membakar 400-800 kalori, tapi di tingkat mahir, tarian ini bisa membakar lebih dari 1.000 kalori per satu jam.

Zumba Trend Olahraga Baru


Zumba memang sedang jadi tren di dunia kebugaran. Saking populernya, zumba diadaptasi ke permainan Nintendo Wii, XBOX, hingga PlayStation.

Di Amerika, peminat zumba dance sangat banyak, bahkan mereka rela jadi anggota gym hanya untuk mengikuti kelas zumba dance. Kini, tren zumba sampai ke Indonesia, dan dari hari ke hari makin banyak peminatnya. Gerak pinggul ala hip hop dan ragam tarian latin, juga bermacam lagu yang enak didengar dan pas untuk bergoyang, mampu membuat tubuh rileks sekaligus mengeluarkan banyak keringat.

Zumba membuat seluruh tubuh bergoyang, dari kepala hingga kaki. Gaya tariannya yang berfokus pada pundak, perut, dan pinggul, pun membuat tubuh jadi kencang. Zumba makin digilai karena simple, dan tak membutuhkan alat fitness apa pun. Gerakan zumba yang mudah dilakukan dan diikuti juga membuat Anda tak perlu punya basic menari untuk ikut olahraga ini.

Olahraga yang itu-itu saja seringkali membuat seseorang merasa bosan saat melakukannya. Kehadiran zumba disambut positif oleh para pencinta olahraga. Jenis olahraga baru ini bisa Anda jadikan  pilihan sebagai olahraga pembentuk lekuk tubuh agar badan terlihat lebih proporsional, segar dan bugar.

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo