Jumat, 23 November 2012

Biaya Perjalanan Ke Jayapura



Ingin mencoba mejajal pengalaman berwisata ke Jayapura, tapi takut tidak sesuai dengan budget yang ada? Tenang, artikel berikut akan menjelaskan perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk menghabiskan waktu di Jayapura dan sekitarnya. 

Wisata di Jayapura selama tiga hari dua malam atau selama akhir pekan, bisa menjadi alternatif seru untuk menyejukkan pikiran, jiwa dan raga dari kepenatan dan hiruk-pikuk kota. Namun, jika Anda ingin menikmati keindahan kota yang juga dijuluki "Indonesian Hong Kong" ini, percayalah, Anda tidak akan puas berkeliling Jayapura hanya dalam waktu kurang dari tiga hari. Apalagi, jika Anda ingin menjejaki daerah lain di sekitarnya seperti Sentani, kawasan Pantai Tablanusu, hingga daerah perbatasan antara Papua dan Papua Nugini. Di danau Sentani, setiap tahunnya terdapat Festival Danau Sentani yang berlangsung di bulan Juni. Danau Sentani dapat ditempuh hanya satu jam perjalanan darat dari kota Jayapura. 

Bila Anda berangkat melalui jalur udara, bandar udara Sentani akan menjadi akses masuk utama untuk menuju kota Jayapura. Bila rencana perjalanan Anda selama tiga hari dengan rancangan hari pertama melakukan tur di sekitar kota Jayapura, hari kedua tur di seputar danau Sentani, serta di hari ketiga tur di pantai-pantai Jayapura, maka biaya yang harus Anda siapkan akan bekisar sejumlah enam juta lima ratus ribu rupiah (Rp. 6.500.000). Biaya sebesar itu adalah perhitungan jika Anda adalah pelancong dari Jakarta. Tiket pesawat terbang rute Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta) – Bandara Sentani (Jayapura) diperkirakan sekitar Rp 3.000.000 untuk pulang-pergi menggunakan pesawat terbang, pastinya harga ini merupakan harga di luar musim padat kunjungan, seperti hari libur nasional.

Untuk transportasi darat, Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Pilihan ternyaman adalah sewa mobil dengan sopir di kisaran harga Rp 400.000 per hari tetapi tidak termasuk bensin. Untuk tarif menengah berkisar sebesar Rp 1.500.000 (sudah termasuk biaya bensin) untuk 3 hari perjalanan. 


Tak sulit menemukan penginapan di Jayapura. Mulai dari kelas melati, wisma, hotel bintang tiga ke bawah, sampai hotel berbintang empat dan lima. Pilih saja hotel yang berada di pusat kota Jayapura. 

Salah satu yang terkenal adalah Hotel Matoa dan Hotel Yasmin untuk ukuran kantong menengah. Bujet lebih, bisa pilih hotel berbintang seperti Aston, Swissbell, dan Horison. Kisaran harga penginapan di Jayapura mulai dari Rp. 100.000 hingga jutaan. 

Ada baiknya pilih hotel dengan tarif di atas Rp. 250.000. Pastikan Anda mencari penginapan yang terjaga keamanannya maupun hotel yang bersih, terutama jika yang Anda pilih adalah hotel kelas melati. Jika tak yakin, Anda bisa melihat terlebih dahulu kamar di hotel tersebut, cukup minta izin ke pihak petugas hotel.

Untuk makan, rata-rata kisaran makan di rumah makan antara Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000 tergantung menu dan restoran yang Anda kunjungi. Jika diambil rata-rata Rp 20.000, maka biaya makan Anda selama tiga hari untuk makan siang dan makan malam adalah Rp 120.000. Sarapan biasanya tersedia di Hotel.

Sisa uang bisa Anda sisihkan untuk biaya masuk obyek wisata maupun belanja oleh-oleh. Anda bisa memangkas biaya perjalanan jika membeli tiket pesawat rute Jakarta – Jayapura di saat harga promosi dengan kisaran harga hanya Rp. 1.000.000 untuk sekali jalan. Namun, biaya harus Anda siapkan lebih jika Anda berencana untuk berkeliling Danau Sentani ataupun naik perahu menyeberang ke pulau-pulau kecil.

Sudah siapkah Anda untuk bertualang mengelilingi "Indonesian Hong Kong" ? 






4 komentar:

  1. Berwisata ke Jayapuraaa???
    Saya pernah ke sana bersama ayah saya. Waktu itu berniat lanjut ke Raja Ampat namun terkendala cuaca. Kalau soal biaya, memang agak lebih besar ya daripada Jakarta karena jarak yang cukup jauh. Tapi seimbang kok sama suasana dan pemandangan yang didapat di sana. Ada yang mau ajak saya ke sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Share dong mbak, kayak gimana perjalanan di sana. :)

      Hapus
  2. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk! ikooooottt!!!

    BalasHapus
  3. Memang pemandangan alam di Jayapura masih natural, namun sayangnya biaya perjalanan wisata tidak begitu murah karena beberapa faktor. Untuk lebih berhemat saat travel ke Jayapura, pastikan anda memiliki budget yang cukup serta referensi hotel yang layak. Berikut ini adalah daftar Hotal di Jayapura yang patut anda jadikan acuan --> Daftar hotel di Jayapura

    BalasHapus

Blogger Template by Clairvo