Rabu, 20 Februari 2013

Tujuh Langkah Mudah Mendesain Kaos

Bisnis clothing di Indonesia masih berkembang hingga sekarang. Bagaimana tidak, hanya dengan mengandalkan kemampuan desain, aktif di dunia maya, dan (mungkin) dengan sedikit pengetahuan mengenai printing, Anda bisa membuat usaha clothing dengan modal nol rupiah.

Bila Anda sedang tertarik menggeluti bisnis ini namun merasa kurang memiliki kemampuan dalam mendesain kaos, jangan bingung! Mulailah dengan mempelajari, minimal satu, software desain dan mulailah bereksplorasi dengan imajinasi Anda.

Salah satu
software yang bisa Anda gunakan adalah Adobe Illustrator. Software ini membantu Anda membuat desain dengan format vector yang lebih mudah diaplikasikan ke media kaos oblong (T-Shirt).

Berikut tahapan dalam mendesain kaos dengan cara yang ringkas namun menghasilkan gambar yang maksimal.

1. Download vector pack



 Vector pack merupakan template bentuk-bentuk desain yang sudah jadi dan dapat di-set ulang. Banyak situs yang memberikan vector pack gratis untuk Anda unduh, www.vecteezy.com misalnya.

2. Kombinasikan vector pack


Buka setiap vector pack yang Anda unduh dan seleksi setiap bentuk yang mungkin bisa Anda kombinasikan menjadi suatu bentuk desain yang baru dan lebih keren!

3. Eksplorasi warna



Buka software Illustrator yang Anda miliki. Eksplorasi setiap warna yang Anda sukai dan cobalah mencocokkan warna satu dengan warna lainnya agar desain Anda terlihat pas.

4. Kombinasikan setiap bentuk dan warna



Buka kembali vector pack yang Anda miliki, isi dengan warna yang sudah Anda pilih dan kreasikan bentuknya. Apabila Anda sudah mempelajari software Adobe Illustator, hal ini sangatlah mudah.

5. Gunakan font
 


Apabila Anda ingin menambahkan tulisan ke dalam desain, gunakan font yang Anda miliki atau unduh font-font menarik lainnya. Setelah menambahkan tulisan, jangan lupa untuk mengatur ulang desain dari tulisan Anda agar terlihat lebih menarik dan cocok dengan desain yang sudah Anda buat.

6. Kombinasikan font dan vector pack
 

Jangan biarkan tulisan yang Anda tambahkan menjadi tulisan yang memperburuk desain yang sudah ada. Anda bisa mengakalinya dengan mengkombinasikan tulisan dengan vector pack yang ada. Gunakan pula warna yang selaras agar desain semakin ciamik.

7. Satukan!
 


Satukan desain dan tulisan yang Anda buat! Tambahkan sedikit stroke (garis pinggir) pada setiap bentuk desain untuk menghasilkan gambar yang lebih tegas. Kemudian, Voila! Anda baru saja membuat sebuah desain untuk kaos dan siap memasarkannya.

Semoga tutorial singkat ini bisa membantu Anda memulai bisnis clothing, bro!

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo