Jumat, 15 Februari 2013

Tips Naik Jabatan



Bertahun-tahun bekerja namun masih saja berada di level dan pendapatan yang sama? Tentunya tidak ada orang yang berharap seperti itu, bro! Anda pasti ingin karir dalam pekerjaan terus meningkat agar pendapatan Anda ikut bertambah. Namun, apakah kenaikan jenjang karir tersebut datang dan didapatkan dengan sendirinya? Mulai sekarang, Anda harus mempersiapkan diri untuk mengatur strategi rencana karir Anda.

Berikut strategi yang dapat Anda terapkan agar mendapatkan promosi kenaikan jenjang karir dalam pekerjaan.


1. Kembangkan hubungan Anda dengan mentor


Jalin hubungan yang baik dan akrab dengan orang yang berada di atas level Anda. Mungkin beberapa perusahaan mempunyai program mentoring yang dapat membantu mengembangkan kemampuan bekerja, namun bila tidak ada, Anda harus bisa mengembangkan kemampuan networking agar dapat belajar langsung dengan orang-orang yang memiliki jabatan dan pengalaman yang lebih besar. Kemudian, belajar dari dapatkanlah informasi yang sebanyak-banyaknya dari mereka.


2. Kumpulkan prestasi


Simpanlah semua prestasi yang Anda raih dalam perusahaan tempat Anda bekerja. Hal tersebut berpengaruh juga terhadap perusahaan atau departement tempat Anda bekerja sehingga perusahaan dapat melihat betapa loyal dan berkomitmennya Anda.


3. Berlatih self-promotion


Jika tidak ada yang tahu siapa diri Anda yang sebenarnya, maka karir Anda tidak akan melangkah maju. Tunjukkanlah kemampuan dan progress record Anda kepada perusahaan agar dapat menjadi bahan pertimbangan promosi Anda.


4. Jaga kedekatan dengan bos Anda


Jaga hubungan Anda dengan bos dan jadikan setiap kesempatan yang Anda miliki sebagai kunci keberhasilan Anda dalam meraih promosi. Serap ilmu yang bos Anda tunjukkan dan berikan dalam setiap kesempatan.


5. Tambah pengetahuan dan kemampuan


Tidak ada orang yang bisa maju tanpa menambah pengetahuan dan kemampuannya dalam bekerja. Hal ini adalah modal penting yang patut Anda miliki untuk promosi.


6. Bangun relasi


Semakin banyak orang yang mengenal Anda, mengetahui kekuatan dan kemampuan Anda, dan tahu betapa bernilainya Anda dalam perusahaan akan menjadi keuntungan bagi Anda. Apalagi jika relasi tersebut berada dalam satu lingkup perusahaan tempat Anda bekerja, tentunya akan menjadi bentuk promosi yang baik untuk Anda.


7. Mintalah tambahan tanggung jawab


Apabila Anda dengan sukarela membantu pekerjaan teman sekantor atau mungkin meminta tambahan tanggung jawab pekerjaan secara langsung, akan menjadi nilai tambah bagi Anda dalam menunjukkan kepada perusahaan betapa tertarik dan bertekadnya Anda dalam memajukan perusahaan.


8. Berlaku profesional


Berlaku dan berpenampilan profesional dapat membantu Anda meraih promosi yang Anda inginkan. Misalnya, dengan memulai dari hal-hal yang terkecil seperti berpakaian yang rapi dan terlihat profesional, memiliki pemikiran yang terbuka dan positif, atau menjadi diri sendiri dalam setiap pekerjaan Anda.


9. Jadilah anggota tim yang baik


Dalam bekerja, Anda tidak hanya dituntut untuk memiliki kecakapan dalam bekerja sendiri, namun juga harus dapat bekerja dengan teman-teman sekerja Anda layaknya dalam sebuah tim.


10. Ciptakan kesempatanmu sendiri


Setelah melakukan strategi yang ada dalam mendapatkan promosi kenaikan jabatan, cobalah untuk menciptakan kesempatan Anda sendiri dalam meraih kenaikan jenjang karir. Buatlah sebuah proposal kenaikan jabatan kepada atasan dan buktikanlah semua prestasi yang sudah Anda raih selama bekerja dalam perusahaan. Rekor yang baik akan menjadi bahan pertimbangan yang membuat kesempatan Anda lebih besar untuk menaiki level yang lebih tinggi.


So, are you ready to get a new level, bro!

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo